Selasa, 08 April 2008

KREATIVITAS


Kreativitas sangat diperlukan dalam kehidupan ini. Tanpa kreativitas yang tinggi, kita akan sulit untuk mencapai kesuksesan yang gemilang. Dengan kreativitas yang tinggi, kita akan mampu mendayagunakan seluruh potensi-potensi yang ada dalam diri kita.

Salah satu kreativitas saya adalah datang ke kampus lebih awal. Dalam sistem jadwal perkuliahan itu tidak beraturan seperti di sekolah-sekolah. Artinya jadwal itu tidak tetap dalam penempatan waktunya, misalnya hari senin itu masuk pagi sampai sore, sedangkan jadwal pada hari rabu itu tidak sama seperti hari senin yaitu mulai dari siang sekitar pukul 11.00 sampai sore. Kreativitas saya masuk dalam hal ini, yaitu walaupun masuk kuliah pukul 11.00 tetapi saya datang ke kampus dari jam 07.00. ada beberapa alasan mengapa saya masuk lebih awal. Yang pertama, kalau saya masuk lebih awal maka saya akan mempunyai banyak waktu untuk membaca di perpustakaan, mencari buku-buku yang diperlukan dalam perkuliahan, mengerjakan tugas-tugas yang telah diberikan. Jika tugas-tugas itu kita kerjakan dalam keadaan tenang atau dalam keadaan tidak tergesa-gesa maka tugas itu akan terselesaikan dengan baik karena waktu luang itulah yang kita gunakan untuk menyelesaikan tugas apalagi ditambah dengan banyaknya buku-buku yang telah tersedia di perpustakaan. Dengan seringnya kita membaca maka pengetahuan dan wawasan kita tentang sesuatu akan semakin bertambah dan berkembang, dengan pengetahuan dan wawasan yang luas maka kita akan semakin mudah dalam mencapai kesuksesan, Alasan yang kedua, kalau saya masuk lebih awal secara otomatis kondisi saya masih segar, udara yang saya hirup di jalan juga, polusinnya masih sedikit sehingga saya akan merasa nyaman dalam berkendaraan dan ketika sampai di kampus untuk memperoleh kuliah pun akan siap manerimanya, serta saya akan punya banyak waktu untuk beristirahat sejenak supaya kondisi saya lebih fresh. Lain halnya kalau saya datang ke kampus sudah siang. Kalau saya datang kuliah sudah siang, maka kondisi saya sudah kurang fresh, banyak polusi udara di jalan, dan ketika mendapatkan kuliah pun kurang siap akibatnya proses pembelajaran tidak akan berjalan dengan lancar. Ternyata kita harus kreatif dalam segala hal karena kreatif itu memang penting,

Dari sekian banyak kreativitas yang saya miliki, mungkin hanya itu yang bisa saya paparkan sedikit dalam tulisan ini.




Rudi Sopiyadi

Tidak ada komentar: